Ringworm Si Perontok Bulu Pada Kucing

Ringworm Si Perontok Bulu Pada Kucing Wisnutapa
Ringworm

Ringworm disebabkan oleh jamur yang hidup di kulit dan bulu. Ada beberapa spesies jamur yang hidup di kulit dan bulu, salah satu spesies yang cukup bandel dan sering menyerang kucing & anjing adalah Microsporum Canis.

Ringworm Si Perontok Bulu Pada Kucing Wisnutapa
Microsporum Canis Tampak Dari Mikroskop


Tanda - Tanda Kucing Yang Terserang Ringworm

Tanda-tanda kucing terserang ringworm adalah bulu rontok dan patah-patah, kadang disertai sisa-sisa kulit kering yang menyerupai ketombe. Kulit kering yang mengelupas kadang menyerupai sisik. Daerah kerontokan bulu biasanya berbentuk lingkaran (circular). Kadang kadang hewan yang terserang hanya mengalami sedikit kerontokan/bulu patah dibagian wajah dan telinga. Biasanya puncak kerontokan pada kucing terlihat dalam waktu 5 minggu sejak kontak dengan M. Canis.

Kucing dapat terinfeksi dan menjadi carrier, menularkan jamur pada hewan lain. Pada kucing berbulu pendek dan mempunyai kekebalan tubuh yang baik, Ringworm dapat sembuh sendiri dalam waktu 4-6 bulan. Kucing dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat terinfeksi tetapi sama sekali tidak menunjukan gejala tertular. Tetapi tidak ada jaminan kucing ini tidak menjadi carrier.

Ringworm menyebar melalui kontak dengan bulu atau ketombe yang terinfeksi dan mengandung spora. Spora jamur dapat tersebar dimana-mana seperti di lantai, bulu yang rontok, kandang, peralatan makan dan minum kucing, tempat tidur kucing, dll. Hewan yang masih muda dan tua rentan terhadap infeksi jamur ini.

Biasanya Ringworm menyerang kucing pada bagian seputar wajah dan telinga, kaki dan telapak kaki kucing dan perut. Tidak jarang kasus ditemui Ringworm menyerang seluruh badan kucing.

Ringworm Pada Manusia


Ringworm Si Perontok Bulu Pada Kucing Wisnutapa
Ringworm Menyerang Manusia

Meskipun dapat menular pada manusia, ringworm sangat jarang sekali mengakibatkan masalah yang serius pada manusia. Penularannya terjadi akibat kontak fisik pada daerah yang terkena Ringworm dan pada properti yang dihinggapi oleh spora M. Canin itu sendiri. 

Ada baiknya kita selalu menjaga kebersihan lingkungan kita terutama lingkungan tempat kucing kita tinggal agar jauh dari Ringworm.

Terima kasih drh. Neno WS atas artikelnya.

Semoga bermanfaat bagi kita Cat Lovers..

0 Response to "Ringworm Si Perontok Bulu Pada Kucing"

Post a Comment