Mengenal Kucing Raas Dari Madura Indonesia

Mengenal Kucing Raas Dari Madura Indonesia
Kucing Raas
Kucing Raas, Orang - orang menyebutnya dengan nama tersebut. Adalah kucing domestik endemik dari Pulau Raas di Indonesia. Kucing Raas dikenal juga dengan nama Busok atau kucing Madura. Ras kucing ini merupakan ras kucing murni dan asli, tanpa tercampur gen dari ras kucing lainnya. Kucing ini termasuk kucing yang sangat langka dan memiliki variasi genetik yang tinggi.

Perkembangan kucing ini hanya terjadi di Pulau Raas. Raas sangat dilindungi oleh penduduk setempat. Penduduk setempat juga melarang ras kucing ini pergi keluar pulau. Biasanya hanya kucing Raas yang telah dikebiri saja yang boleh dibawa pergi keluar pulau. Hal ini dimaksudkan agar kucing Raas selalu terjaga kemurniannya. Kelahiran anak kucing dengan warna abu-abu selalu dinanti-nanti oleh penduduk setempat. Anak kucing tersebut nantinya akan diberikan kepada orang-orang tertentu sebagai hadiah, seperti para penyayang kucing.

Mengenal Kucing Raas Dari Madura Indonesia
Kucing Raas


Ciri Fisik

Raas memiliki karakteristik fisik yang mirip seperti macan tutul dan kucing hutan.Raas adalah kucing yang berpenampilan anggun dan berukuran sedang dengan ukuran yang lebih besar daripada ukuran ras kucing biasanya. Wajah kucing ini berbentuk sedikit persegi dengan dagu yang sedikit lancip. Telinganya panjang dan runcing.Kucing ini memiliki panjang ekor yang sedang dengan bagian ujungnya yang bengkok. Raas memiliki warna mata hijau tua dengan bentuk oval dan matanya tidak terlalu lebar.

Raas memiliki bulu yang pendek serta halus dan juga lembut. Kucing ini memiliki pola warna solid (polos) dan dua warna dengan dua warna bulu, yaitu Buso atau biru (abu-abu) dan Kecubung atau cokelat. Warna cokelat pada Raas jarang muncul. Raas dengan warna biru memiliki warna abu-abu yang terdapat pada sebagian besar badannya, sementara bagian dada dan perut terdapat warna putih dengan batas yang tidak jelas.




2 Responses to "Mengenal Kucing Raas Dari Madura Indonesia"