Penyebab Kucing Mencret atau Diare dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Hai Sobat,
Kita pernah membahas penyakit kucing Distemper, efek dari penyakit mematikan itu salah satunya menyebabkan gangguan pencernaan dan mengakibatkan mencret atau diare pada kucing sebelum penyakit tersebut dapat merenggut nyawa kucing sobat. Semoga hal ini tidak terjadi pada kucing sobat. amin..

Mencret atau diare pada kucing biasa disebabkan oleh virus, bakteri dan peradangan atau infeksi pada saluran pencernaan kucing. Virus yang sering menyebabkan kucing mencret atau diare adalah Cat Distemper, Feline Infectius Peritonitis dan Feline Calicivirus. Sedangkan bakteri yang turut andil dalam diare kucing adalah Salmonella, Eschericia Coli dan Clostridium Sp. Virus dan bakteri diatas bisa menyebabkan imun tubuh berkurang dan membawa penyakit ke stadium lebih tinggi sob, hati-hati ya.

Penyebab Kucing Mencret atau Diare dan Bagaimana Cara Mengatasinya
Ilustrasi Kucing Mencret atau Diare
Ciri-ciri kucing diare adalah sering buang air besar dan kotorannya berbentuk cair atau encer. Umumnya kucing yang mengalami diare kelihatan lemah, lesu dan malas beraktifitas. Ini dikarenakan kucing kekurangan cairan yang dibutuhkan tubuh. Selain itu jika bulunya kita sentuh tidak terasa lembut dan kasar. Pada kasus yang lebih parah kucing disertai demam.

Apabila kucing sobat terkena penyakit ini, langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah mengetahui penyebab kucing diare atau mencret. Apakah karena virus atau bakteri, alergi makanan, malabsorsi atau bahkan karena pemberian obat yang berlebihan.

Beberapa makanan penyebab kucing mencret atau diare :


  • Makanan Sisa
Kucing yang biasa makan makanan sisa dapat berakibat gangguan saluran pencernaan. Jangan salah dulu ya, makanan sisa ini adalah makanan yang sudah dibuang. Kita tidak tahu apa saja yang sudah menghinggapi makanan sisa ini dan apa saja yang terkandung didalamnya. Bisa saja membawa bakteri sehingga membuat kucing mencret atau diare.
  • Minuman Yang Tidak Higienis
Minum air sembarangan dapat menyebabkan kucing kita diare. Kucing yang sering beraktifitas diluar rumah bisa meminum air dimanapun, bisa di comberan, genangan air atau air sisa rumah tangga. Ada baiknya jika sobat menyediakan air minum khusus untuk kucing sobat yang diletakkan diluar maupun didalam rumah.
  • Pemilihan Produk Makanan Kucing Yang Sembarangan  
Ada kalanya kucing alergi pada produk makanan tertentu. Kandungan dan bahan pembuatan tiap produk makanan berbeda. Terkadang kucing alergi pada bahan tertentu yang menyebabkan kucing jadi mencret. Jika sobat hendak mengganti makanan kucing sobat sebaiknya ikuti anjuran pemberian makanannya. Ini untuk mengurangi resiko mencret atau diare karena daya tahan saluran pencernaan kucing berbeda.
  • Pemilihan Produk Susu Yang Tidak Tepat
Terkadang kita ingin memberi asupan tambahan pada kucing kita agar kucing dapat cepat gemuk dan sehat, salah satunya dengan memberi susu. Namun, jangan salah memilih susu untuk kucingnya. Karena sebagian besar susu mengandung laktosa dan kucing tidak dapat mencerna laktosa. Kondisi ini yang menyebabkan kucing jadi mencret atau diare setelah minum susu. Jadi sebelum memberi susu atau produk lainnya yang sejenis ada baiknya dicek dulu apakah mengandung laktosa atau tidak.

Umumnya, kucing yang menderita diare nafsu makannya berkurang. Sobat bisa menyiasatinya dengan memberi makanan secara rutin dengan porsi lebih sedikit. Sobat juga bisa memberi nutrisi tambahan bagi kucing sobat.

Setelah sobat mengetahui penyebab kucing mencret atau diare, berikut tips mengatasi kucing mencret atau diare :

  • Memberikan Cairan Oralit Khusus Kucing
Sobat bisa mendapatkan oralit khusus kucing di petshop. Atau sobat bisa memberikan obat mencret atau diare khusus kucing kepada kucing sobat.

  • Memberikan Multivitamin dan Nutrisi Untuk Kucing
Kucing yang menderita diare atau mencret jadi kekurangan cairan. Hal ini mengakibatkan lemas pada tubuh kucing. Selain itu nafsu makan kucing jadi berkurang. Memberikan multivitamin dan nutrisi untuk kucing dapat membantu menaikkan metabolisme tubuh kucing terhadap penyakit. Ini membantu kucing untuk segera sembuh dari mencret dan diare.
  • Mengganti Makanan Yang Diberikan
Jika kucing sobat alergi pada makanan tertentu dan menyebabkan diare, itu tandanya makanan tersebut tidak cocok terhadap saluran pencernaan kucing sobat. Memilih dan mengganti makanan yang cocok adalah langkah yang harus dilakukan.
  • Menjaga Kebersihan Kandang
Sebetulnya tidak hanya kandang tetapi juga menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kucing sobat. Lingkungan yang kotor identik dengan penyebaran bakteri, kuman dan virus penyakit. Membersihkan kandang dan lingkungan sekitar dengan menyeluruh membantu mengurangi penyebaran penyakit.



Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengobati kucing mencret atau diare. Sobat juga bisa mempraktekkan tips diatas sendiri dirumah. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu mengatasi masalah sobat.

0 Response to "Penyebab Kucing Mencret atau Diare dan Bagaimana Cara Mengatasinya"

Post a Comment