6 Langkah Memandikan Kucing

Langkah Memandikan Kucing Wisnutapa
Memandikan Kucing - Wisnutapa

Tentunya Anda menyukai bulu kucingnya halus, lembut dan berbau harum. Dipegang terasa bersih dan lembut saat dielus. Siapa yang tidak mau?
Dengan memandikan kucingnya hal diatas akan Anda dapatkan semua. Meski kucing bisa melakukan self-grooming, ada baiknya kita juga memandikan kucing supaya kucing lebih bersih dan harum. :)
Disamping itu kucing termasuk hewan yang anti air jadi memandikan kucing itu gampang - gampang susah. Untuk lebih mudahnya, Cat Lovers bisa simak beberapa tips memandikan kucing berikut ini :

  • Siapkan Perlengkapan Mandi
Tidak hanya manusia yang membutuhkan perlengkapan mandi, kucingpun juga. Siapkan bak / ember / baskom sebagai tempat menaruh air, sabun atau shampoo khusus kucing, Handuk untuk mengelap air setelah mandi dan sisir bulu.

  • Siapkan Air
Ada baiknya air yang digunakan adalah air hangat. Air hangat mengurangi tingkat stress pada kucing saat dimandikan. Tuang air kedalam bak yang sudah disiapkan, ini juga berfungsi sebagai tempat berendam kucing nantinya. Campur air dengan sabun atau shampoo kucing, aduk hingga larut. Airnya jangan sampai penuh ya, cukup separuh isi bak.

  • Basahi dan Rendam Kucing Secara Bertahap
Buat kucing senyaman mungkin sebelum dimandikan. Mengelus dan mengajaknya bicara dapat membuat kucing Anda nyaman. Pegang kucing dengan erat, perlahan celupkan kaki - kakinya terlebih dahulu ke air sampai terendam semua. Masukkan ekor kucing kedalam air dan biarkan terendam. Setelah itu tubuh kucing bisa dibasahi dengan air rendaman tersebut. Ambil air dengan tangan kemudian usapkan ke seluruh tubuh kucing, ini dimaksudkan agar kucing tetap nyaman. Setelah tubuhnya basah, usap kepala kucing dengan air. Lakukan pelan - pelan, jaga air supaya tidak masuk ke telinga maupun mata si kucing ya.

  • Cuci Bulu Kucing
Tuangkan shampoo atau sabun secukupnya di bulu kucing, usap dan pijit sampai merata. Perhatikan bagian dagu, kepala, belakang telinga, ketiak dan perut bagian belakang. Ini semua adalah titik - titik rentan jamur, kutu dan parasit lainnya. Setelah rata, tunggu sejenak supaya shampoo atau sabun itu bekerja dengan baik.

  • Bilas Dengan Air Bersih
Cat Lovers jangan lupa bilas kucingnya dengan air bersih sampai betul - betul bersih. Jangan sampai ada sabun atau shampoo yang tertinggal. Air bilasan bisa pakai air hangat atau air dingin. Bilas 2 x agar bersih.

  • Keringkan Bulu Kucing
Supaya kucing tidak kedinginan setelah dimandikan segera keringkan dengan lap dan handuk. Usap sampai tidak terlalu basah. Jika ada Blower, Anda bisa menggunakannya untuk mengeringkan bulu kucing hingga rata. Keringkan betul ya supaya tidak muncul jamur. Lakukan sambil disisir agar bulu tertata rapi. Sisir membantu melepaskan bulu - bulu mati pada kucing.

Tips diatas Saya gunakan saat memandikan kucing Saya. Saya hendak berbagi kepada Cat Lovers semua.
Saya biasa memandikan kucing pada cuaca cerah di pagi hari jam 07.00-09.00 WIB seminggu sekali. Setelah memandikannya Saya jemur di sinar matahari pagi 5 - 10 menit.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Cat Lovers semua.
Tips ini bisa di-share kemanapun dan kapanpun Cat Lovers mau, silahkan..


 

0 Response to "6 Langkah Memandikan Kucing"

Post a Comment